Proses
PTSM bergerak di bidang hulu hilir aktifitas timah. Kegiatan operasi penambangan timah di dalam grup bisa di klasifikasikan sebagai berikut:

Explorasi (Fig 1)
PTSM mempunyai 7 izin usaha pertambangan di Bangka, Indonesia. Sumber daya timah untuk sementara ini diperkirakan sekitar 28,000 metrik ton.

PTSM menggunakan kapal bor KB Perak II dalam kegiatan pengeboran, yang dirakit khusus untuk pengeboran dalam pengerjaan explorasi lepas pantai. PTSM pertama-tama akan tetap melanjutkan pekerjaan explorasi di Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang terdahulu dan mencari area baru untuk penambahan cadangan timah.

Exploitasi (Fig 2)
Pertambangan timah Lepas pantai (exploitasi) di Indonesia terutama dilakukan dengan menggunakan sebuah kapal isap yang dirakit khusus untuk pertambangan lepas pantai dengan kapasitas 250m3 tanah per jam dan kedalaman 50m. PTSM adalah pemilik dan mempunyai eksklusif pengoperasian 3 kapal isap: Nusantara Jaya Abadi I, Nusantara Jaya Abadi II, dan Duangdee III.

Peleburan
Timah dihasilkan dari bijih timah dengan menggunakan tungku peleburan dan secara ringkas melalui proses sebagai berikut:

a) Persiapan bijih timah
Bahan baku bijih timah dengan kandungan 72% Sn dicampur dengan antrasit, berfungsi sebagai agen reduksi dan kapur sebagai pengalir yang dikenal sebagai "pengisi".

b) Peleburan
Proses peleburan dilakukan dengan cara mengisi tungku tetap dengan menggunakan perapian dari pembakaran minyak. Suhu dapur dinaikkan sampai 1,250°C untuk menghasilkan logam timah dengan kandungan 99.85% Sn. Proses peleburan memerlukan waktu antara 10-12 jam untuk memperoleh pemisahan timah yang sempurna dari pengotor lainnya (slag). Ketika Sn sudah terpisah dengan baik di dasar tungku, cairan timah dialirkan logam melalui lobang pengalir dan dicetak menjadi balok timah.

c) Pemurnian
Logam timah dimurnikan untuk menghasilkan timah yang telah dimurnikan sesuai dengan persyaratan khusus dari LME/KLTM atau spesifikasi khusus sesuai permintaan pemakai akhir seperti timah bebas timbal dan bentuk cetakan logamnya.

PTSM saat ini memberikan jasa peleburan timah kepada pihak ketiga yang memiliki fasilitas dan ijin eksport.

FIG 1

FIG 2
bullet bullet bullet bullet bullet bullet bullet